Like an owl..I must can see in the dark

Like an owl..I must can see in the dark
Like an owl..I must can see in the dark

Kamis, 21 Juni 2012

Belajar Membuat Tas

Haa...akhirnya jadi juga tas buatanku sendiri. Tas untuk hangout, yang memang aq blum punya. Terinspirasi dari tas yang dibuat oleh SCREAMING CHEAP, ini dia tas buatan ku (atas):




Karena masih belajar terus sebelum memulai wirausaha tas, yah..aq akan membuat beberapa model yang lain lagi. Plus dalam entri kali ini akan aq tuliskan kesalahanku dalam langkah pembuatan tas ini, agar mnjadi pelajaran dalam pengerjaan selanjutnya khususnya buatku sndiri. Berhubung pengetahuan yg trbatas tntg kode html, postingan urutan foto ini brkali2 gagal. Hancur tata letaknya, ga sejajar antara keterangan dan gambar. Setelah brkali2 editing, daku menyerah ajalah. Jadi maafkan klo postingannya agak aneh tata letaknya. Seperti kata mantan bos, sang owner yayasan sekolah : "Ya Allah..hanya ini mampuku" :D







Step 1 : Buat pola untuk badan utama tas dari kain sebanyak 2 lembar ukuran 20cm x 58cm, diberi kampuh 1 cm di semua tepi pola. Buat juga di kain keras sebanyak 1 lembar saja dengan ukuran yang sama, tanpa kampuh.

Step 2 : Buat pola badan samping dari kain, ukuran 8cm x 25cm sebanyak 4 lembar (dalam gambar hanya 2)

Step 3 : Untuk kantung, buat 2 pola persegi panjang ukuran 20x15 cm dan 20x10 cm pada kain. Beri kampuh 1 cm di setiap sisi. Lakukan pula pada kain keras, tanpa kampuh.

Step 4:Buat tutup tas pada kain batik dan kain keras.

Step 5 : setrika semua kain keras pada bahan kain.

Step 6: 2 kantong dalam tas dijahit di bagian dalam dulu, kemudian dibalik. keduanya kemudian dijahit jadi satu. Setelah itu dijahit ke badan tas yang tidak dilapisi kain keras (ingat bahwa ada 2 lembar bahan kain untuk badan tas, yang satu dilapisi kain keras, satu lagi tidak).
Singkatnya.....Jahit badan pinggir tas. Beri bias binding alias bisban atau bis. Ring di kiri dan kanan untuk kaitan tali tas, aq ambil dari tas bekas yg dah trpake.
Maafin keterbatasan ini...foto sih ada banyak..tapi aq blum bisa atur2. daripada tambah ancur..yahhhh smoga brmanfaat.





















8 komentar:

  1. itu jahitnya pakai mesn jahit biasa yang buat baju bisa kah? atau khusus? mohon bantuannya yaa. terima kasih.
    balas ke email rahamnita@gmail.com atau tweet ke @rahamnita. Terima kasih banyaaak :DD

    BalasHapus
  2. sudah saya balas komentarnya lewat email yaa!!! thanx...salam kenal!

    BalasHapus
  3. Ibu boleh bagi-bagi informasi dimana belajar buat tasnya.
    sepertinya kegiatannya kreativ sekali.
    @uminadrah1@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belajar otodidak bu. Kumpulin data dari web-web luar negeri. Trus dicoba-coba sendiri. Yang penting semangat untuk berani berhasil. Gagal dah biasaaa namanya juga otodidak. Perlu waktu sekitar 4 bulan bagi saya untuk bisa mahir membuat berbagai model, trutama yang memakai risleting. Kursus nya ada juga sih...tapi rata-rata mahaaallll. Dan mnurut saya..ilmu ini tidak sulit dipelajari. Misi saya adalah : setelah saya mahir membuat berbagai jenis tas, saya ingin mengajarkannya dengan harga sangat murah agar banyak orang bisa maju. Semoga anda bisa lebih cepat mahir. AMin. Selamat menjahit tas !

      Hapus
  4. "Baik sekali informasi yang disajikan dalam postingan ini, kemarin saya juga membuat artikel semacam ini"
    TAS SIMPLE DAN BAGUS

    BalasHapus
  5. kalo mau belajar bikin tas dengab Iradani bisa?brp biaya nya?saya tertarik dari dulu.cuma biayanya mahal..mochacini@yahoo.com trimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  6. emang bener sih..mahal. saya ada rencana buka kursus jahit tas. diupayakan bulan juli ini launching. kalo minat boleh yaa add pin bbm saya 7500E1A0 (nol semua bukan huruf O yaa)

    BalasHapus
  7. Ukuran tutupnya brp itu mba?

    BalasHapus